Penawaran (Demand), Penerimaan (Supply) dan Harga Keseimbangan

A. Permintaan (Demand)

Dalam memahami konsep dasar dari permintaan (demand), perlu diingat terdapat 2 (dua) konsep yang berbeda namun berkaitan, yaitu jumlah yang diminta (quantity demanded) dan permintaan (demand). Jumlah yang diminta (quantity demand) adalah jumlahbarang dan jasa yang ingin diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Kata “ingin” menunjukkan bahwa pembelian belum terjadi dan masih berupa keinginan (wish). Hubungan antara harga dan kuantitas bersifat hubungan satu-satu (one to one relation). Sedangkan permintaan (demand) adalah jumlah barang dan jasa yang ingin diminta oleh konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu pada suatu daerah (geografis) tertentu. Dari penjelasan tersebut terlihat bahwa permintaan merupakan kumpulan dari quantity demanded. Dengan kata lain, demand curve akan berisi titik-titikquantity demanded.

Faktor-Faktor Penentu Permintaan adalah:

  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain yang terkait
  3. Tingkat pendapatan per kapita
  4. Selera atau kebiasaan
  5. Jumlah penduduk
  6. Perkiraan harga dimasa mendatang
  7. Distribusi pendapatan, dan
  8. Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.

B. Penawaran (Supply)

Analogi dengan konsep permintaan (demand) maka dalam memahami penawaran (supply) harus diingat dua konsep yang saling berkaitan, yaitu jumlah yang ditawarkan (quantity supplied) dan penawaran (supply). Jumlah yang ditawarkan (quantity supplied) adalah jumlah barang dan jasa yang ingin ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu. Sedangkan penawaran (supplied) adalah jumlah barang dan jasa yang ingin ditawarkan oleh produsen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu pada suatu daerah (geografis) tertentu.

Faktor-faktor penentu penawaran adalah:

  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga faktor produksi
  3. Teknologi produksi
  4. Jumlah pedagang/penjual, dan
  5. Kebijakan pemerintah

C. Penentuan Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan adalah harga dimana baik konsumen maupun produsen sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi dan dijual. Atau dengan kata lain, jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan (Qd = Qs). Jika harga dibawah harga keseimbangan, terjadi kelebihan permintaan (excess demand). Sebab jumlah yang diminta akan meningkat, dan sedangkan jumlah yang ditawarkan menjadi berkurang. Sebaliknya jika harga melebihi harga keseimbangan, terjadi kelebihan penawaran, dimana jumlah yang ditawarkan meningkat, sedangkan jumlah yang diminta menurun.

 

2019-09-01T07:05:01+00:00